banner 1028x250

Bunda PAUD Parepare Siap Sukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyatakan siap mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Gerakan ini merupakan komitmen bersama Bunda PAUD se-Indonesia yang dilaksanakan Kemendikbud RI di The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Rabu (7/6/23). Saat itu hadir langsung Mendikbud RI, Nadiem Makarim menyaksikan deklarasi komitmen tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare, HM Makmur selaku Pokja PAUD Parepare yang hadir mewakili Bunda PAUD Parepare di Jakarta, mengaku sudah melaporkan tentang komitmen gerakan bersama ini.

“Insya Allah Ibu Bunda PAUD, Dinas Pendidikan, dan stakeholder pendidikan di Parepare menyatakan siap mendukung dan mensukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan,” kata Makmur.

Makmur yang juga Ketua PGRI Parepare mengemukakan, untuk mewujudkan proses transisi PAUD ke SD atau MI yang menyenangkan ini satuan pendidikan perlu melakukan tiga hal.

Pertama, menghilangkan tes calistung atau baca tulis dan menghitung dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD/MI)​.

Kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama​. Dan ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak​ yang dibangun secara kontinu dari PAUD hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

“Jadi pembelajaran di kelas satu dan kelas dua SD mengadopsi pembelajaran di TK. Bagaimana peserta didik menjadi paham dan dapat menerima pelajaran dengan baik menggunakan cara-cara belajar yang menyenangkan,” ungkap Makmur, mantan Kepala SMPN 4 Parepare. (k13/kls**)

Leave a Reply