banner 1028x250

Festival Salo’ Karajae Event Wisata Daerah di Sulsel Kembali Ditetapkan Dalam KEN 2023

banner 468x60

KILASKATA.COM, JAKARTA – Festival Salo’ Karajae Parepare berhasil bertahan sebagai kalender nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) 2023.

Di Indonesia terdapat 110 even wisata daerah yang ditetapkan masuk dalam KEN 2023.

Penetapan itu diumumkan pada Seremonial dan Peluncuran KEN 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, (29/1/2023).

Program ini sebagai upaya menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Pada tahun ketiganya, Karisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Proses kurasi KEN 2023 telah dilakukan pada November-Desember 2022 melalui tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 berdasar pada lima bidang penilaian yaitu bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf), Inovasi dan Kreativitas, Manajemen Event, Strategi Komunikasi, serta Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), penyelenggaraan event dapat menjadi lokomotif atau penggerak ekonomi daerah serta kebangkitan pariwisata Indonesia.

Presiden Ri, Joko Widodo pun berharap event wisata yang berhasil menjadi even nasional yang tersebar di seluruh Indonesia ini dapat menjadi magnet pengunjung sehingga dapat mendongkrak prekonomian masyarakat.

“Tahun ini terdapat 110 KEN dan 65 sport yang akan menjadi magnet menarik wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata di seluruh penjuru tanah air,” ujar Jokowi, sapaan karib dia.

Di antara 110 even wisata yang tersebari di seluruh Indonesia ini, Festival Salo’ Karajae menjadi 1 dari 4 even di Provinsi Sulawesi Selatan yang berhasil lolos setelah melalui pemilihan ketat dan selektif yang mengacu pada aspek ide, potensi, dan inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni dan budaya, dan aspek strategi komunikasi dan media.

Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka menyatakan bersyukur atas kembalinya Festival Salo’ Karajae sebagai kalender pariwisata nasional dalam KEN 2023.

Hamka mengungkapkan, capaian itu tidak lepas berkat arahan, motivasi, inspirasi, inovasi, dan kreatifitas dari sang nakhoda Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

“Alhamdulillah Festival Salo’ Karajae kembali bertahan masuk sebagai 1 dari 4 even wisata mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam KEN 2023. Ini berkat perjuangan kita bersama masyarakat Parepare dan terlebih dari Bapak Wali Kota Taufan Pawe yang menjadi pamong kami dalam bekerja yang menekankan agar pariwisata menjadi bagian sentral dalam mendongkrak prekonomian masyarakat Parepare khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya,” ungkap Hamka, sapaan karib eks adc Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini.

Diketahui, pada KEN 2023 ini hanya 4 even di Sulsel yang berhasil terpilih, yaitu Festival Salo’ Karajae Parepare, F8 Makassar, Beautiful Malino Kabupaten Gowa, dan Toraja Internasional Fest di Toraja.

Jumlah ini menurun dibandingkan tahun 2022 lalu yang menyumbangkan 5 even bergengsi, yaitu Festival Salo’ Karajae, F8, Phinisi, To Berru, dan Takabonerate.

Tahun ini, dua di antara even tersebut tidak terpilih pada KEN 2023, yaitu Festival Phinisi Bulukumba dan Takabonerate Selayar. (k13/kls)

Leave a Reply