banner 1028x250
Berita  

Ini Jenis Makanan yang Baik untuk Menjaga Ginjalmu Tetap Sehat

banner 468x60

KILASKATA.COM – Sejumlah makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal dapat dijadikan prioritas dalam keseharian, terutama jika kita berisiko tinggi terkena gangguan ginjal.

Ginjal merupakan organ vital manusia yang berfungsi untuk menyaring sisa metabolisme di dalam darah, menyeimbangkan cairan, memproduksi sel darah merah hingga mengatur tekanan darah.

Tanpa ginjal yang sehat, tubuh dan organ lainnya tidak dapat bekerja maksimal sesuai dengan fungsinya.

Ginjal membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Sebetulnya semua makanan bernutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin dan sejumlah nutrisi lainnya sangat diperlukan untuk menjaga fungsi ginjal. Melansir Healthline, berikut daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

1. Kembang kol Kembang kol adalah jenis sayuran bergizi yang merupakan sumber nutrisi yang baik. Sayuran yang mirip dengan brokoli ini memiliki kandungan vitamin C, K B dan folat. Di samping itu, kol juga mengandung senyawa berupa antioksidan kuat yang dapat berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak fungsi ginjal.

2. Blueberry Buah imut dengan warna biru keunguan ini dikemas dengan nutrisi dan sumber antioksidan terbaik. Blueberry memiliki jenis antioksidan yang disebut anthocyanin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker tertentu, mencegah penurunan fungsi kognitif hingga diabetes. Blueberry juga mengandung sejumlah nutrisi yang ramah ginjal seperti rendah sodium, fosfor dan potasium.

3. Ikan kakap Ikan yang satu ini memiliki kandungan protein berkualitas tinggi dan lemak sehat seperti omega-3. Omega-3 dapat membantu mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh dan menurunkan risiko depresi hingga kecemasan. Meski baik untuk ginjal, namun ikan kakap termasuk jenis ikan yang jumlah porsinya perlu dibatasi agar tidak berlebihan karena tetap mengandung fosfor.

4. Putih telur
Putih telur bisa menjadi pilihan makanan sehat bagi orang yang tengah menjalani diet ginjal daripada bagian kuningnya. Putih telur mengandung sumber protein berkualitas tinggi yang juga ramah untuk kesehatan ginjal.

5. Bawang putih
Orang dengan penyakit ginjal disarankan untuk membatasi jumlah asupan garam atau natrium yang dikonsumsi sehari-hari. Nah, bawang putih ini dapat dijadikan pilihan yang lebih sehat untuk menyedapkan beragam masakan dan nutrisi sehat untuk ginjal. Bawang putih mengandung mangan, vitamin C, vitamin B6 yang bisa berperan sebagai antiinflamasi.

6. Kol Kol
atau kubis termasuk sayuran dengan sumber vitamin K, C, B, kandungan kalium, fosfor dan natrium yang rendah. Selain baik untuk kesehatan pencernaan, kol juga bisa meningkatkan kesehatan organ ginjal.

7. Paprika
Paprika mengandung jumlah nutrisi yang baik seperti vitamin A dan C yang merupakan antioksidan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bagi orang yang sakit ginjal, mengonsumsi paprika secara rutin dapat membantu mengelola gejalanya agar tidak semakin parah.

8. Lobak
Lobak juga termasuk aneka sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal. Sayuran berwarna putih ini cukup rendah potasion dan fosfor dan mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin C, antioksidan untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

9. Nanas
Nanas dapat menjadi salah satu jenis buah yang kaya nutrisi serta rendah potasium yang ramah bagi ginjal. Terutama kandungan vitamin C dan bromelain yang merupakan enzim sejenis antioksidan. Senyawa ini memiliki khasiat dalam mencegah peradangan.

10. Cranberry
Buah mungil berwarna merah ini memiliki kandungan fitonutrien yang disebut proanthocyanidins tipe A. Senyawa ini dapat mencegah bakteri menempel di lapisan saluran dan kandung kemih. Manfaat lainnya adalah senyawa itu juga bisa mencegah terjadinya infeksi. Bagi orang dengan penyakit ginjal, cranberry termasuk buah-buahan yang banyak direkomendasikan.

11. Jamur shitake
Jamur shitake bisa menjadi pengganti daging bagi orang yang tengah menjalani diet untuk kesehatan ginjal. Sebab diet yang satu ini perlu membatasi asupan protein, dan jamur shitake menawarkan rasa gurih dan tekstur kenyal mirip seperti daging merah. Jamur jenis ini kaya akan vitamin B, zinc, mangan dan selenium yang baik serta rendah kalium.

12. Kacang merah
Bentuk dan warnanya mirip seperti organ ginjal, tetapi ternyata khasiatnya baik untuk kesehatan ginjal. Kacang merah mengandung serat larut, serat tidak larut, rendah lemak, asam amino, vitamin dan magnesium serta potasium.

Seseorang yang kekurangan magnesium dan potasiun dikatakan lebih berisiko memiliki masalah batu ginjal. Maka dari itu, mengonsumsi kacang merah dapat dijadikan sebagai bagian dari diet seimbang yang dapat berkontribusi mencegah penyakit ginjal. (*kmp/k13/kls)

Leave a Reply