banner 1028x250

Kawasan Kuliner Religius Parepare Dilengkapi Sarana Olahraga Voli Pasir Putih Pertama di Sulawesi Selatan

banner 468x60

KILASKATA.COM, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe tidak henti-hentinya membuat terobosan baru bagi Kota Parepare. Wali Kota dua periode ini sedang membangun kawasan kuliner religius yang saat ini dalam tahap perampungan.

Tidak sekadar untuk ditempati santai, berwisata kuliner dan berbelanja,fasilitas ini juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga. Karena akan dilengkapi dengan sarana lapangan bola voli dengan pasir yang betul-betul putih. Jika sarana ini hadir maka akan menjadi ikonik yang pertama dan satu-satunya di Sulawesi Selatan.

Hal ini diungkap Wali Kota Taufan Pawe saat membuka Musrenbang RKPD 2024 di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis (12/1/2023).

“Awalnya dirancang menjadi sarana skatepark, tapi tidak jadi, diganti menjadi sarana lapangan voli pantai yang betul-betul menggunakan pasir putih. Ini akan menjadi satu-satunya di Sulawesi Selatan,” ungkap Taufan Pawe (TP).

Taufan Pawe mengulas bahwa kawasan kuliner religius ini dibangun membentang sepanjang 180 meter di sisi utara Masjid Terapung BJ Habibie, di Jalan Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

Di kawasan itu, akan ditampilkan kuliner religius yang bukan hanya milik orang Muslim tapi juga non Muslim.

“Jadi kita maknai religius secara baik. Jangan tampilkan hal-hal tidak edukatif di kawasan itu, seperti musik yang tidak edukatif. Karena alangkah indah, asyik, dan tenangnya kalau kita mendengarkan alunan lagu padang pasir sambil melihat matahari terbenam di kawasan kuliner religius itu,” ulas Wali Kota Parepare dua periode ini.

Hadirnya kawasan kuliner religius ini adalah hasil dari upaya Parepare dalam mengendalikan inflasi pasca kenaikan harga BBM dengan berbuah reward Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat.

Taufan Pawe mengungkapkan, dana reward itu disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk Bansos, pelatihan peningkatan usaha, Operasi Pasar agar harga terkendali supaya daya beli masyarakat juga terkendali, kemudian Pasar Murah, dan pembangunan kawasan kuliner religius.

“Kawasan kuliner religius ini dihadirkan berbentuk kontainer-kontainer yang tertata baik dan berestetika. Jadi masyarakat bisa menikmati kuliner di situ, berbelanja produk-produk, dan salat di masjid terapung,” kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe secara khusus mengapresiasi jajarannya dan masyarakat Parepare secara umum karena bersama-sama bisa melewati pandemi dan kenaikan harga BBM. Dan karena itu juga mendapat penghargaan dari Presiden RI berupa DID.

“Dana ini saya gunakan tepat sasaran untuk sejahterakan masyarakat,” tandas Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Leave a Reply