banner 1028x250

Koleksi 237 Penghargaan, Ini Harapan Taufan Pawe di Momen HUT ke-63 Kota Parepare

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Sebanyak 237 penghargaan regional, nasional, dan internasional telah dipersembahkan Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) selama menuju 10 tahun masa jabatannya.

Jumlah penghargaan ini sangat membanggakan. Pasalnya torehan ini tidak pernah diraih Wali kota Parepare sebelumnya.

Jumlah penghargaan ini sejalan dengan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi di Kota Parepare. Salah satu indikatornya Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga terus mengalami peningkatan.

Dimana awal tahun pemerintahan pada tahun 2013 capaian PAD hanya mencapai Rp. 72 Miliar. Dan tahun 2014 capaian PAD meningkat signifikan hingga mencapai Rp. 112 Miliar.

Selanjutnya capaian PAD setiap tahun meningkat dan pada tahun 2021 capaian PAD telah mencapai Rp. 161,2 Miliar dan pada tahun 2022 PAD telah mencapai Rp. 169,2 miliar.

“Alhamdulilah dengan sumber inspirasi pembangunan yakni bapak BJ Habibie, Kota Parepare kini berubah menjadi daerah maju dan masyarakatnya semakain sejahtera,” kata Taufan Pawe.

Salah satu Penghargaan Pemkot Parepare yang dinahkodai Taufan Pawe tembus internasional yakni Inovasi Srikandi Oleh Srikandi. Bahkan inovasi tersebut mewakili Indonesia pada ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA) Tahun 2021. UNPSA adalah penghargaan inovasi pelayanan publik internasional yang diadakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sementara untuk triwulan pertama tahun 2023, Wali Kota Taufan Pawe bersama wakilnya Pangerang Rahim telah mengoleksi empat penghargaan.

Diantaranya penghargaan atas peran Taufan Pawe dalam melestarikan dan mengembangkan bahasa daerah.
Taufan Pawe menjadi satu – satunya wali kota di Indonesia meraih penghargaan dari Kemendikbud Riset Dikti Republik Indonesia.

Kedua Piala Adipura 2022. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Piala Adipura tersebut penanda pemerintah daerah itu telah berhasil dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Ketiga penghargaan sebagai Kepala Daerah Terbaik dari Obsession Media Grup (OMG). Penghargaan ini sangat membanggakan. Mengingat hanya empat kepala daerah saja yang meraihnya. Diantaranya Gubernur Jawa Timur Khofifaf Indar Parawansa, Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Bupati Kebumen Arif Sugianto, dan Bupati Sambas Satono.

Keempat penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. Penghargaan ini diberikan karena Taufan Pawe telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

“Semoga HUT Kota Parepare Ke-63 ini, Parepare yang kita cintai bersama dapat menjadi Kota yang berdaya saing tinggi dan kita harapkan Kota Parepare akan akan menjadi Kota Industri Tanpa Cerobong Asap,” pungkasnya. (kls/k13**)

Leave a Reply