banner 1028x250
Berita  

Lapas Kelas IIA Parepare Gelar Donor Darah “Kemenkumham Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju”

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Dalam rangka memperingati Hari Kemenkumham “Hari Dharma Karya Dhika” ke-78 Tahun 2023, Lapas Kelas IIA Parepare dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare menggelar bakti sosial donor darah, di Aula Lapas Kelas IIA Parepare, Kamis (13/7/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema ”Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju” yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Parepare.

Kegiatan ini dibuka secara bersama oleh Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare Arief Eka Riyanto.

Totok mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan partisipasi sosial, dan kepedulian terhadap sesama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Sebelum melakukan donor darah, pegawai yang menjadi peserta donor darah, terlebih dahulu mengisi formulir permohonan, selanjutnya dilakukan observasi oleh petugas medis dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan wawancara kepada calon pendonor.

“Donor darah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah,” katanya.

Totok mengungkapkan, adapun beberapa stakeholder yang turut berpartisipasi dalam donor darah ini yaitu Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare, Brimob Batalyon Pelopor B Parepare, Kodim 1405/Parepare. Hal ini, kata dia, sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara Lapas IIA Parepare dengan stakeholder terkait.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah pada hari ini. Semoga darah yang kita sumbangkan, bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan,” terangnya.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Sulawesi Selatan Bapak Liberty Sitinjak mengungkapkan, setetes darah yang saudara donorkan akan memberikan manfaat bagi orang lain yang membutuhkan.

“Karena, sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya.

Adapun, jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan donor darah tersebut yakni 51, dan akan dibawa ke PMI Cabang Parepare. (k13/kls**)

Leave a Reply