banner 1028x250

Walikota Parepare Berharap Seluruh Program Terserap Pada Pembukaan Musrembang RKPD 2024 Parepare

banner 468x60

KILASKATA.COM, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Pembukaan Musrembang RKPD 2024 ini dilaksanakan di Ruang Pola Lantai 2 Kantor Wali Kota Parepare, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kamis (12/1/2023).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menuturkan musrembang itu merupakan forum untuk melihat keinginan masyarakat dibawah.

“Musrembang ini dilakukan ditingkat kelurahan, dan kecamatan,” jelasnya.

“Alhamdullah juga sudah melibatkan keterwakilan perempuan., Karena sudah ada musrembang khusus perempuan dan anak,” sambungnya.

Dia menekankan agar forum musrembang tingkat kelurahan dan kecamatan itu mampu menyerap RPJMD atau janji politiknya untuk masyarkat Parepare.

“Saya berpesan musrembang kali ini sudah bisa menyerap RPJMD atau saripati janji politik saya secara tuntas untuk tahun 2023 ini,” tekannya saat ditemui awak media.

Wali Kota Parepare juga berpesan agar seluruh peserta mampu memaknai sebuah gerakan dan mengajak mitra lain untuk implementasikan di forum tersebut.

“Saya bersyukur peserta musrenbang cukup komprehensif. Mudah-mudahan para peserta, bisa menerjemahkan dengan baik. Mulai bergerak serta mengajak mitra lain untuk merealisasikan RKPD Parepare,” pesannya.

“Saya tinggal sepuluh bulan menjadi Wali Kota. Saya akan genjot apa yang dibutuhkan masyarakat Parepare,” tutup Taufan Pawe.

Sementara Plt Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha menjelaskan pelaksanaan pembangunan nantinya akan menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi saat ini masyarakat.

“Tujuannya untuk menjaring aspirasi seluruh stakeholder perencanaan pembangunan daerah dalam menyusun RKPD dan sebagai langkah awa dalam mengintegrasikan seluruh pelaksanaan musrembang ini,” jelasnya.

Musrembang itu terbagi menjadi empat item, reguler yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota.

“Kedua itu ada musrembang anak, musrembang perempuan dan terakhir itu musrembang disabilitas,” kata Kepala Dinas PUPR Parepare itu.

Kepala Dinas PUPR Parepare itu juga mengatakan Bappeda telah menyusun petunjuk teknis penyelenggaraan musrembang ini.

“Kami juga telah sosialisasikan ke Lurah dan Camat agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan efektif dalam menjaring aspirasi masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply