banner 1028x250

Pj Wali Kota Akbar Ali Lepas Peserta Pawai Budaya

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare menggelar kegiatan pekan budaya dalam rangka peringatan HUT Kota Parepare ke 64.

Kegiatan berlangsung di Lapangan Andi Makkasau Parepare, dan diikuti peserta dari seluruh tingkat sekolah, SD, SMP dan SMA. (24/2/2024).

Penjabat Walikota Parepare, Dr Akbar Ali dalam sambutannya mengatakan, pawai budaya merupakan hal yang biasa dilakukan sejak dulu setiap acara perayaan. Menurut Akbar Ali, pawai budaya perlu dilestarikan sebagai bagian dari rasa cinta terhadap budaya.

Masyarakat Sulawesi Selatan, kata Akbar Ali, didiami suku-suku besar seperti Bugis, Makassar, Mandar, Luwu, dan Toraja yang memiliki adat dan budayanya masing-masing.

“Ada 1300 suku di Indonesia dan beberapa suku besar diantaranya ada di Sulsel. Setiap suku itu pada kegiatan acara perayaan menampilkan tarian budaya khas masing-masing, seperti, ma’llongga, ma’ccengke, ma’ggasing, ma’puntung yang menjadi hiburan rakyat pada jamannya. Kita harus lestarikan budaya kita,” ujarnya.

Akbar Ali pada kesempatan itu menyampaikan agar pelestarian budaya daerah Sulsel dilakukan disetiap momen, khususnya pada kegiatan perayaan HUT Daerah.

“Mudah-mudahan kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh pemerintah Kota pada setiap perayaan HUT Daerah,” harap Akbar.

Sembari mengakhiri sambutannya dan membuka kegiatan pekan budaya,
Akbar Ali juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik, SD, SMP dan SMA yang hadir menyemarakkan carnaval budaya tersebut.

“Pekan budaya dalam rangka HUT Kota Parepare ke 64 secara resmi dimulai,” ujarnya.

“Anak-anakku yang hadir saat ini, semoga kalian menjadi matahari penerang dikemudian hari seperti cerahnya matahari yang bersinar pada hari ini,” imbuh Akbar.

Hadi pada kegiatan tersebut, penjabat Walikota Parepare didampingi Wakil Ketua I DPRD, Tasming Hamid, Danbrigif 11 Badik Sakti, DanDenpom, para Asisten serta sejumlah pimpinan OPD Kota Parepare dan lembaga vertikal. (k13/kls**)

Leave a Reply