banner 1028x250

Rakor UI Green City Metric Rangking 2023, Parepare Disebut Terbaik untuk Pembangunan Energi dan Perubahan Iklim se-Indonesia

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare menggelar Rapat Koordinasi Universitas Indonesia Green City Metric Rangking 2023.

Rapat digelar untuk persiapan penilaian pemeringkatan UI Green City Metric bagi Kabupaten Kota di Indonesia yang memiliki komitmen dalam pengelolaan pembangunan berkelanjutan.

Rapat dipimpin Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Plt Kepala Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi, yang dihadiri SKPD terkait di ruang rapat Bappeda Parepare, Kamis, 9 Maret 2023.

Dalam rapat, Zulkarnaen mengungkapkan target Parepare dalam UI Green City Metric 2023.

“Target 2023 adalah Parepare siap mempertahankan capaian tertinggi penghargaan UI GCM yaitu terbaik dalam pengelolaan energi dan perubahan iklim (PJU), dan berusaha menambah bobot indikator penilaian dari bidang penatan ruang dan infrastruktur, tata kelola sampah dan limbah, tata kelola air, akses mobilitas, dan tata pamong,” ungkap Zulkarnaen.

Penilaian UI Green City Metric dilandasi atas empat pilar yakni lingkungan hidup, ekonomi, sosial budaya, dan tata pamong. Itu dengan bobot indikator penilaian terdiri atas penataan ruang dan infrastruktur (16 persen), energi dan perubahan iklim (19 persen), tata kelola sampah dan limbah (19 persen), tata kelola air (15 persen), akses mobilitas (16 persen), dan tata pamong governance (15 persen).

“Jadi seluruh Kabupaten Kota di Indonesia, termasuk Parepare yang memiliki komitmen tinggi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals dapat berpartisipasi dalam pemeringkatan UI Green City Metric,” kata Zulkarnaen.

Dalam rapat terungkap, pengumpulan data dari Kabupaten Kota diharapkan dapat diterima secara online mulai 30 Januari 2023 sampai dengan 30 Juni 2023.

Sebelumnya pada 2022, Parepare mendapatkan penghargaan UI Green City Metric, sekaligus meraih rangking 5 nasional Kota Paling Berkelanjutan.

Dan di ajang yang sama, Parepare juga mendapatkan penghargaan kategori Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim.

Bahkan untuk kategori ini, Parepare menjadi yang terbaik untuk pembangunan berkelanjutan bidang energi dan perubahan iklim se-Indonesia, karena mendapat poin tertinggi.

Universitas Indonesia sampai menyebut Parepare Best Of The Best atas penghargaan itu.

Prestise itu masih ditambah Parepare berada di rangking 5 nasional dari 34 Kabupaten Kota se-Indonesia yang masuk dalam ranking pemeringkatan di ajang ini.

Parepare satu-satunya dari Sulawesi yang masuk rangking 10 besar. Sementara Kota Makassar, perwakilan Sulsel lainnya di ajang ini berada di ranking 27.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe hadir langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ketua UI Green Metric, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc dan Sekretaris UI, dr Agustin Kusumayati MSc PhD di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 21 Juli 2022. (k13/kls**)

Leave a Reply