banner 1028x250

RS HAH Parepare Berinovasi Lagi, Gandeng BPOM Terapkan Program Halal Dapur Sehat

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie, Kota Parepare, tengah mempersiapkan program penerapan sertifikasi halal.

Plt. Direktur RSR dr Hasri Ainun, Mahyuddin menjelaskan, program tersebut digodok untuk memastikan seluruh bahan makanan yang akan diolah buat disajikan pada pasien yang menjalani rawat inap, telah melalui pemilihan dan pengolahan makanan sesuai standarisasi halal.

“Kegiatan program ditandai dengan edukasi penerapan halal dapur gizi sehat, yang aman dan halal,” ujarnya.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta, yang menghadirkan dua pemateri dari Pusat Pemeriksaan Halal Universitas Hasanuddin, Nahariah, serta Jaya Abdullah, dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Makassar. Para pemateri menjabarkan terkaiy penerapan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).

“Ini dilakukan dengan harapan makanan yang dikonsumsi oleh pasien bukan hanya baik tapi juga halal, sehingga nilai gizi, kandungan zat yang dibutuhkan pasien terjamin” papar Mahyuddin.

Dengan tersertifikasi halal, kata Mahyuddin lagi, masyarakat pasien khususnya yang menjalani rawat inap di rumah sakit berlantai tujuh tersebut, tentu tidak perlu khawatir lagi terkait sajian makanan yang diberikan.

Ditambahkan Mahyuddin, dengan dikantonginya sertifikat halal pada instalasi gizi, ke depan RSR Hasri kedepannya diharapka akan memunculkan opini positif.

“Bahwa di rumah sakit ini makanan-makanan yang disajikan telah lulus sertifikasi halal, sehat, dan higenis,” tandasnya.

Sebelumnya Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memberi apresiasi kepada pihak menajemen RS yang berkonsep medical tourism tersebut yang telah mengalami peningkatan sistem pelayanan.

Taufan Pawe juga bangga kepada pihak RS HAH yang salah satu tenaga kesehatannya berhasi mendapat prestasi tingkat nasional.

“Kami pastinya memberi apresiasi tinggi kepada tenaga kesehatan Kota Parepare yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional atas inovasinya. Selamat, teruslah berinovasi jadi role model dan menginspirasi tenaga kesehatan di Parepare dan Sulawesi Selatan secara umum,” kata Taufan Pawe.

Salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) Parepare, yang meraih penghargaan nasional adalah
Amalia Syamsualam.

Nakes asal Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie (HAH) Parepare itu mendapatkan penghargaan pada pemilihan tenaga kesehatan teladan 2023 dalam Bidang Kefarmasian dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

Amalia berhasil menjadi juara satu pada Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Provinsi Sulsel, dan mewakili Sulsel ke tingkat nasional. Inovasi Amalia yakni Lahir Medicall pun dinobatkan masuk dalam 10 besar terbaik tingkat nasional. (k13/kls**)

Leave a Reply