banner 1028x250

Taufan Pawe Antar Parepare Raih Adipura

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Kota Parepare kembali mendapat pengakuan nasional. Itu setelah Parepare dipastikan meraih penghargaan Piala Adipura 2022.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membenarkan sudah mendapat informasi bahwa Parepare mendapatkan Piala Adipura, yang penghargaannya akan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta pada 28 Februari 2023.

“Alhamdulillah, kerja-kerja kita, inovasi kita kembali mendapat pengakuan secara nasional. Kali ini karena keberhasilan kita dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan berbuah penghargaan Piala Adipura,” kata Taufan Pawe di Lounge BJ Habibie, Kantor Wali Kota Parepare.

Penghargaan Adipura kelima selama masa pemerintahan Taufan Pawe ini, dia persembahkan kepada masyarakat Parepare yang telah ikut peduli berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

“Terima kasih, terima kasih semua atas kerja keras ta, DLH, semua SKPD terkait, petugas kebersihan, dan masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Ini bukti telah tercipta kolaborasi dan kerja-kerja terintegrasi antara Pemerintah dengan masyarakat,” ungkap Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini.

Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Kota Parepare, Budi Rusdi yang dihubungi terpisah mengatakan, Wali Kota Parepare yang akan menerima langsung penghargaan Adipura di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta pada 28 Februari 2023.

“Alhamdulillah, kami sudah mendapat informasi bahwa Parepare mendapatkan Adipura tahun 2022. Ini adalah pengakuan pusat terhadap keberhasilan dan pengelolaan persampahan di Parepare. Bapak Wali Kota yang akan menerima langsung penghargaan di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 28 Februari,” terang Budi Rusdi. (24/2/2023).

Budi mengemukakan, raihan penghargaan ini atas petunjuk dan pengarahan Wali Kota Parepare yang intens memberi perhatian terhadap masalah kebersihan dan pengelolaan persampahan.

“Dan Adipura ini tidak hanya karena kerja-kerja Pemerintah semata, tetapi juga berkat partisipasi masyarakat yang telah turut memelihara, menjaga kebersihan dan mengelola persampahan. Karena itu, kami menggugah masyarakat untuk terus bersama-sama menjaga kebersihan kota kita tercinta,” harap Budi.

Selama pemerintahan Wali Kota Taufan Pawe, Parepare mendapatkan Piala Adipura pada 2015, kemudian 2016 meraih Adipura Kirana. Berlanjut 2018 dan 2019 kembali mendapatkan Adipura.

Pandemi Covid-19 pada 2019 membuat penilaian Adipura vakum selama hampir 3 tahun. Baru pada 2022, penilaian Adipura kembali dilaksanakan, dan diumumkan pada 2023, Parepare kembali berhasil mendapatkan Adipura.

Adipura ini sekaligus menjadi penghargaan ke-239 bagi Wali Kota Taufan Pawe selama dua periode memimpin Parepare. (K13/kls/**)

Leave a Reply