banner 1028x250

Taufan Pawe Apresiasi ABPPTSI Sulsel Gelar Seminar dan Pelantikan Pengurus di Parepare

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Wilayah Sulawesi Selatan, menggelar Seminar Nasional dan juga Pelantikan Pengurus ABPPTSI Wilayah Sulawesi Selatan masa bakti 2022-2026, yang digelar di Auditorium Bj Habibie Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Sabtu 19 Agustus 2023.

Acara tersebut dihadiri langsung Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Andi Lukman, Pengurus Pusat ABPPTSI, Kepala SKPD lingkup Kota Parepare, serta sejumlah pengurus ABPPTSI dan berbagai Perguruan Tinggi Swasta baik tingkat Kota Parepare maupun lingkup Sulawesi Selatan.

Ketua ABPPTSI Wilayah Sulawesi Selatan, Muh Ridwan, mengatakan, organisasi ini bagian dari pada perhimpunan para pelaku yayasan perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan untuk Kategori wilayah sementara untuk Pusat itu menaungi seluruh Indonesia.

“Kami di kepengurusan Wilayah Sulsel itu menaungi seluruh Perguruan tingu swasta yang ada di Sulsel ini, sehingga diharapkan melalui organisasi ini bisa saling mendukung dalam hal kendala yang dihadapi yayasan dalam pengelolaan perguruan tinggi swasta atau kendala lainnya,”katanya.

Pada kesempatan tersebut juga dirinya mengapresiasi kepedulian Pemerintah Kota Parepare, khususnya Wali Kota Parepare yang telah memberikan fasilitas kepada pengurus ABPPTSI Wilayah Sulawesi Selatan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Andi Lukman, mendorong kepada seluruh Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Wilayah Sulawesi Selatan, untuk saling mendorong dalam hal akreditasi.

Andi Lukman, mengatakan, penomena Perguruan Tinggi Swasta selama ini, memang paling banyak terkendala Prodi dan akreditasi, maka kemudian dengan hadirnya Asosiasi ini bisa menjadi penengah dan terpenting bagaimana saling mendorong dalam hal kebaikan.

“Asosiasi ini sangat luar biasa, apalagi dengan asosiasi ini diharapkan seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa bersama-sama mencari solusi setiap persoalan yang dihadapi yayasan atau pengelola PTS lainnya,”katanya.

Dirinya menjelaskan, kalau dari LLDIKTI sendiri selama ini terus memberikan dorongan bagi para yayasan PTS untuk melakukan akreditasi secara cepat.

“Kita selalu berfikir bagaimana semua terakreditasi makanya kita selalu mencari solusi bagaimana persoalan akreditasi bisa di dorong untuk lebih cepat dan tanpa proses birokrasi yang sangat sulit, sehingga dalam pengurusannya tidak ada lagi kendala di lapangan,”terang dia.

Sementara itu, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan peran serta antara Pemerintah Daerah dengan Perguruan Tinggi harus selaras dan saling menunjang.

“Harus jelas peran perguruan tinggi Swasta kepada Pemerintah dan Peran Pemerintah kepada Pengurus Tinggi Swasta, maka hal ini harus saling menunjang karena tugas Pemerintah bagaimana memberikan layanan pendidikan terbaik kepada masyarakatnya,” ungkap dia.

Dirinya mengungkapkan, acara pelantikan ABPPTSI yang digelar di Kota Parepare memberikan makna tersendiri bagi Kota Parepare, apalagi memang Pemerintah Kota Parepare harus bersinergi dengan Perguruan Tinggi Swasta dalam hal pendidikan dan bagaimana memajukan Parepare sebagai Kota pendidikan tentunya dengan dukungan dari Para Pemilik Yayasan Perguruan Tinggi Swasta untuk hadir di Kota Parepare ini.

“Kami berharap kedepan misi Kota Parepare sebagai Kota pendidikan bisa di wujudkan dengan hadirnya perguruan tinggi swasta yang lebih memberikan daya saing bagi kemajuan Pendidikan di Kota Parepare, apalagi saat ini ada beberapa tenaga medis saya yang kuliah di Palopo dan Kabupaten Sidrap, itulah memberikan gambaran bagaimana magnet dari Perguruan Tinggi Swasta ini,” papar Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini. (k13/kls**)

Leave a Reply