banner 1028x250

Taufan Pawe Lepas Pawai Budaya, Sebut Komitmen Wujudkan Parepare Cinta Budaya

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare menggelar Pekan Kebudayaan yang digelar selama dua hari mulai 20 hingga 21 Maret 2023.

Pada pelepasan Pawai Budaya sendiri dilepas langsung Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, didampingi Forum koordinasi Pimpinan daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD, serta Camat dan Lurah se Kota Parepare, yang digelar di depan patung kuda jalan Mattirotasi, Selasa 21 Maret 2023.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan pelaksanaan pekan Kebudayaan dan secara khusus Pawai Budaya Kota Parepare sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Parepare yang ke 63 tahun.

“Ini bagian dari perayaan ulang tahun Kota Parepare yang ke 63 tahun, dan tentunya atas nama Pemerintah sangat mengapresiasi implementasi dari pelaksanaan Pawai budaya ini yang diikuti sebagai 110 Peserta Pawai budaya,”katanya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel ini, menuturkan pelaksanaan Pawai Budaya ini juga sebagai implementasi dari kepedulian pemerintah tentang bagaimana memajukan Budaya yang ada di Kota Parepare.

“Beberapa waktu yang lalu kami atas nama Pemerintah berhasil menorehkan penghargaan sebagai Kepala Daerah peduli budaya dan menjadi satu-satunya Kota yang ada di Indonesia, komitmen itu kemudian juga kita implementasikan melalui kegiatan pawai Budaya ini, dan memang saat ini kita terus bergerak untuk memberikan kepedulian tersebut, dimana Parepare ini kita kenal dengan miniatur Indonesia, karena hampir semua budaya menyatu dan hidup rukun di Parepare,”ungkap dia.

Wali Kota Parepare dua Periode ini juga menerangkan, kalau selama ini Kota Parepare memang terus menggalakkan dan memajukan Kota Parepare untuk jauh lebih baik lagi.

“Mari kita sama-sama tata dan majukan budaya kita, yah bugis, yah Makassar yah Toraja dan seluruh budaya yang ada di Kota Parepare agar tetap dipertahankan dengan baik, dan kita mestinya bangga memiliki keanekaragaman budaya tersebut,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris, mengungkapkan, jika dirinya terus memberikan gambaran dan kepedulian yang baik terhadap budaya.

“Kami menginginkan bagaimana budaya kedepannya mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Kota Industri tanpa cerobong asap, sebagai pilar penyangga Kota Parepare untuk jauh lebih baik lagi, karena budaya yang maju dan berkarakter akan menjadi ciri khas dalam memajukan Budaya Indonesia menuju Indonesia Emas,”ungkapnya.

Arifuddin menjelaskan, kalau pihaknya melalui bidang kebudayaan menang terus melakukan inovasi khususnya bagaimana pelayanan dan pelestarian budaya bisa di gagas jauh lebih baik lagi.

“Kita memang terus gagas kebudayaan ini, agar menjadi sebuah momentum budaya yang jauh lebih maju dan berkembang lagi, dan ini merupakan kegiatan pembuka kita yang nantinya kedepan masih ada kegiatan-kegiatan budaya yang akan digelar lagi,”jelasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply