banner 1028x250

Taufan Pawe Pawe Dukung Alih Status IAIN Parepare Jadi UIN

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare Taufan Pawe menerima kunjungan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Hannani di ruangan kerja Wali Kota Parepare Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (4/8/2023).

Hannani mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka melaporkan rencana perubahan IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Parepare.

“Karena kami sedang mengusulkan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi UIN kepada Menteri Agama,” katanya..

Dalam rangka pengusulan itu, Hannani meminta dukungan pemerintah Kota Parepare dan pemerintah daerah lainnya untuk perubahan atau alih status IAIN Parepare ke UIN Parepare.

“Bentuk dukungan pemerintah daerah, tentu saja bukan sekedar formalitas semata tetapi menjadi bagian tanggung jawab bersama dalam pembangunan bidang pendidikan,” jelasnya.

Hannani juga menyampaikan kepada Wali Kota terkait penggunaan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru IAIN setelah beralih status menjadi UIN. Menurutnya, Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle adalah orang yang paling berjasa atas berdirinya IAIN di Kota Parepare.

“Nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle kami pilih sebagai nama baru untuk UIN nantinya, karena beliau termasuk orang yang sangat berjasa,” ungkapnya.

Sementara, Taufan mengapresiasi dan merespon dengan antusias penyampaian Rektor IAIN Parepare.

“Kami dan khususnya pemerintah Kota Parepare menyambut dan mendukung perubahan IAIN Parepare menjadi Universitas Negeri Islam (UIN). Apalagi, IAIN adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Parepare,” jelasnya.

Taufan mengungkapkan, di Parepare hanya ada dua Perguruan Tinggi Negeri di Parepare, yaitu ITH dan IAIN. Sehingga, kata dia, pihaknya sangat mendukung IAIN berubah bentuk menjadi UIN.

“Tentu saja, IAIN akan kami unggulkan dan prioritaskan karena statusnya sebagai perguruan tinggi negeri. Kami akan segera membuatkan pernyataan dukungan,” tandasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply