banner 1028x250

Taufan Pawe Sebut Pengoprasian Kereta Api Makassar – Parepare Tunjang Ekonomi Masyarakat

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, Risal Wasal mengatakan kereta api perintis lintas Makassar-Parepare segera diresmikan pada Maret ini.

Ia menjelaskan saat ini semua stasiun sudah siap. Adapun unit kereta sedang dalam pengiriman dari Madiun namun terhambat karena ada gelombang tinggi sehingga kapal yang yang membawanya harus berhati-hati.

“Insya Allah dalam waktu dekat di Maret ini akan diresmikan,” ujarnya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat, (3/3/2023).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyambut baik karena akan menunjang perekonomian masyarakatnya.

“Insya Allah menjadi titik perekonomian di daerah Bacukiki,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel ini menjelaskan bahwa untuk menunjang hal itu, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare telah membebaskan lahan, melakukan pengaspalan jalan, serta akan membangun jembatan penghubung di Bacukiki (Jalan Suaka Alam Lestari dan Jalan Lingkar) yang nantinya akan terkoneksi dengan Stasiun Kereta Api dan Stadion Gelora BJ Habibi Parepare.

“Semoga berkah bagi masyarakat Kota Parepare,” ungkap Taufan.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan Rapat Koordinasi terkait progres pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare di Rumah Jabatan Gubernur.

Jalur kereta sepanjang 145 Km ini pertama kali pemasangan rel pada tahun 2015. Pembangunan dan pengerjaannya sempat terhenti atau terbengkalai karena persoalan dana maupun persoalan pembebasan lahan. (k13/kls**)

Leave a Reply