banner 1028x250

Taufan Pawe Serahkan Hadiah kepada Kelompok Ternak dan Budidaya Perikanan Berprestasi Tahun 2023

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengikuti kegiatan penyerahan hadiah bagi Kelompok Ternak dan Kelompok Budidaya Perikanan berprestasi tahun 2023 binaan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Senin, 23/10/2023.

Hadir Wakil Walikota Parepare, Pj Sekda Kota Parepare, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Ketua DPW PERHIPTANI Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan PT. Jasindo dan Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta anggota Kelompok Ternak dan Pembudidaya Ikan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyambut dengan rasa gembira atas pelaksanaan kegiatan tersebut karena dapat bersilaturahim dengan para peternak dan pembudidaya yang ada di Kota Parepare dalam sebuah momen penyerahan hadiah bagi kelompok berprestasi di tahun 2023.

Menurutnya itu sangat penting karena di samping sebagai ajang silaturahim antara Pemerintah Kota Parepare beserta seluruh jajarannya dengan para masyarakat peternak dan pembudidaya perikanan, juga menjadi bukti hadirnya Pemerintah Kota Parepare yang peduli terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia Peternak dan Pembudidaya Perikanan di Kota Parepare.

“Ini merupakan sarana motivasi bagi kelompok untuk terus bersaing dengan kelompok lainnya dalam hal peningkatan inovasi di kelompoknya. Menjadi ajang untuk “memaksa” para anggota dalam kelompoknya untuk terus bergerak dalam ritme teknologi yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Karena yakinlah kelompok yang berada dalam “zona nyaman” dengan kondisi sekarang, akan dikalahkan oleh kelompok yang terus berusaha mencari pembaharuan di bidang teknologi peternakan dan perikanan khususnya produksi atau budidaya. Karena hal ini pastilah akan berdampak pada pendapatan bagi peternak dan pembudidaya itu sendiri,” ucap Taufan.

Taufan berharap semoga kegiatan tersebut terus berlanjut dan bisa menjadi agenda tahunan yang tidak hanya menjadi ajang seremonial belaka namun menjadi even tahunan yang selalu dinanti oleh seluruh peternak dan pembudidaya perikanan khususnya di Kota Parepare.

“Saya menilai kegiatan ini merupakan salah satu momentum strategis penguatan komitmen dan tekad jajaran Dinas PKP untuk turut memberikan warna tersendiri dalam meningkatkan eksistensi dan perannya dalam berbagai aspek kehidupan di masyarakat lebih terkhusus masyarakat peternak dan pelaku usaha budidaya perikanan,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan penyerahan secara simbolis Bantuan Premi Asuransi Jiwa BPJS bidang Ketenagakerjaan bagi petani/peternak dan penyerahan klaim asuransi ternak dari Jasindo bagi peternak yang sapi betina produktifnya mati akibat penyakit. Bantuan ini juga merupakan bukti hadirnya Pemerintah Kota Parepare dalam melindungi pelaku usaha dan ternaknya. Peternak dapat lebih fokus memelihara ternaknya tanpa was-was jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan saat melakukan usaha peternakannya.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan pengukuhan Perhimpunan Penyuluh Pertanian (PERHIPTANI) Kota Parepare, yang merupakan Organisasi Profesi Penyuluh Pertanian yang bersifat Keilmuan, Keahlian, Persaudaraan, Kemasyarakatan dan Kemandirian yang bertujuan mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan sistem pertanian maju dan modern, sehingga dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan system penyuluhan pertanian yang efektif, efisien dan produktif. (k13/kls**)

Leave a Reply