banner 1028x250

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Kuwait dan Qatar Kecewa, Kok Bisa?

banner 468x60

KILASKATA.COM, JAKARTA – Bukan hanya Kuwait, Qatar juga kecewa melihat Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023. Kok bisa? Begini ceritanya.

Timnas Indonesia, Kuwait, Yordania dan Nepal tergabung di babak ketiga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait. Sesuai aturan, hanya juara grup yang lolos otomatis ke Piala Asia 2023.

Sementara itu, dari enam runner-up, hanya lima di antaranya yang diizinkan melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Melihat kondisi itu, Kuwait dijagokan lolos ke Piala Asia 2023, entah lewat juara grup atau runner-up terbaik. Hal itu karena Kuwait menyandang status tuan rumah kualifikasi.

Namun, di luar dugaan Kuwait justru tumbang 1-2 dari Timnas Indonesia di laga pembuka Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Sempat menang 4-1 atas Nepal, Kuwait dinyatakan gagal lolos setelah tumbang 0-3 dari Yordania di laga pamungkas.

Hasil itu membuat pelatih Timnas Kuwait, Viteszlav Lavicka, dipecat. Dari Grup A sendiri, Yordania finis sebagai juara grup dan Timnas Indonesia merebut satu dari lima status runner-up terbaik.

Publik Kuwait kecewa atas hasil tersebut. Sebab, ini merupakan yang kedua beruntun Kuwait gagal lolos ke Piala Asia. Di edisi 2019, Kuwait juga gagal lolos ke Piala Asia karena mendapatkan sanksi FIFA.

Sebelum itu, performa Kuwait di Piala Asia 2011 dan 2015 juga hancur lebur. Saat itu, Kuwait selalu kalah dalam tiga laga yang dijalani di fase grup!

Performa Kuwait di atas bertolak belakang dengan nama besar sepakbola Kuwait pada era 1970 sampai 1990-an. Saat itu, Kuwait mendominasi ajang Piala Teluk atau bisa disebut Piala AFF-nya Asia Barat.

Kuwait juga keluar sebagai juara Piala Asia 1980 dan lolos ke Piala Dunia 1982. Karena itu, publik Kuwait meminta ada perbaikan performa tim nasional mereka.

Media asal Qatar, Doha News, juga menyayangkan kegagalan Kuwait lolos ke Piala Asia 2023. Mereka menilai, hal yang mengecewakan ketika Kuwait kalah dari Timnas Indonesia yang di Kualifikasi Piala Asia 2023 mengandalkan mayoritas pemain U-23.

“Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2022 memang sudah diprediksi. Namun, gagal lolos ke Piala Asia 2023, terutama kekalahan di kandang sendiri dari tim muda Indonesia sangatlah mengecewakan,” tulis Doha News dalam artikel yang mereka buat.

Sumber: (okezone)

Leave a Reply