banner 1028x250

Wali Kota Taufan Pawe Buka Sosialisasi Pemilu bagi Pemilih Pemula

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe membuka sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Selasa, (19/9/2023)

Hadir Wakil Wali Kota Parepare, Ketua PKK Parepare, Penjabat Sekda Kota Parepare, sejumlah Kepala SKPD, camat dan lurah se Kota Parepare. Sosialisasi itu diikuti sekira 400 siswa SMA dan sederajat se Kota Parepare.

Taufan Pawe dalam sambutannya memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan itu akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan politik dan juga mendorong sekaligus mengevaluasi keterlibatan pemilih pemula dalam pesta demokrasi.

Pemahaman kesadaran berpolitik bagi pemilih pemula, kata dia, perlu diaktualisasikan melalui pembelajaran yang melibatkan secara langsung pemilih pemula.

Mengingat, kata dia, pemilih pemula, merupakan pemilih yang potensinya besar namun masih ada yang apatis dan tidak menggunakan suaranya sebagaimana mestinya. Keikutsertaan pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya merupakan gambaran matangnya demokrasi yang terbangun saat ini.

“Saya berharap agar proses pelaksanaan Pemilu dapat diketahui masyarakat sehingga dapat berjalan secara demokratis ,aman dan damai. Seluruh komponen terkait harus berkomitmen lebih awal untuk mengawal tahapan persiapan hingga pelaksanaan dengan baik. Mari kita ciptakan situasi yang aman dan damai sebagaimana telah kita ciptakan bersama selama ini dan menjadi modal dasar pembangunan,” ucap Taufan.

Ketua DPD I Golkar Sulsel itu mengungkapkan dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun ini, ia berharap agar partisipasi pemilih dalam Pemilu nantinya akan meningkat karena makin tingkat partisipasi pemilih dalam suatu Pemilu, akan berdampak positif terhadap legitimasi dari calon terpilih.

“Kami mengajak masyarakat agar ikut serta memilih pada Pemilu 2024, jangan ada masyarakat yang tidak memilih atau Golput. Karena suara anda sekalian sangat dibutuhkan untuk memilih Wakil Rakyat dan Presiden kita nantinya,” ungkapnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, lanjutnya, memiliki komitmen yang kuat dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilu. Keberhasilan pelaksanaan Pemilu merupakan cerminan keberhasilan pemerintah daerah dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan sekaligus membangun demokrasi yang bermartabat.

Ia juga berharap kepada seluruh pihak mulai dari partai politik, calon anggota legilsatif, KPU, Panwaslu, masyarakat untuk menyatukan tekad mewujudkan Pemilu yang demokratis, jujur, aman dan damai.

“Saya berharap melalui pelaksanaan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada pemilih pemula tentang pentingnya Pemilu bagi bangsa dan negara kita. Oleh karena itu, kami berharap partisipasi pemilih dalam Pemilu nantinya dapat meningkat dibanding pelaksanaan pemilu sebelumnya,” harapnya.

“Sekali lagi saya mengajak kita semua untuk menciptakan Pemilu 2024 di Kota Parepare sebagai Pemilu yang jujur, aman, damai dan demokratis dan menjadi contoh pelaksanaan Pemilu bagi daerah lainnya,” tandasnya. (k13/kls**)

Leave a Reply