banner 1028x250

Wawali Pangerang Rahim Harap RS Andi Makkasau Parepare Raih Akreditasi Paripurna

banner 468x60

KILASKATA.COM, PAREPARE – Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menghadiri penyambutan Tim Akreditasi Rumah Sakit di Halaman RSUD Andi Makkasau Parepare. Sabtu, 17/6/2023.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Direktur dan jajaran RSUD Andi Makkasau Parepare.

Pada kesempatan itu, Pangerang Rahim mengatakan bahwa kedatangan Tim Akreditasi Rumah Sakit merupakan hal positif bagi Pemerintah Kota Parepare, khususnya RSUD Andi Makkasau Parepare.

Menurutnya, hal itu akan memberikan dampak yang baik bagi RSUD Andi Makkasau Parepare sehingga pelayanan dan fasilitas yang ada akan semakin baik untuk kesehatan masyarakat.

“Terimakasih atas kedatangan Tim Akreditasi Rumah Sakit. Hal ini sangat positif bagi kualitas rumah sakit kita. Adapun nantinya ada petunjuk dan arahan agar dapat segera ditindaklanjuti,” ucap Pangerang.

“Semoga RSUD Andi Makkasau Parepare dapat raih Akreditasi Paripurna,” ungkapnya.

Diketahui bahwa akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (UU No. 44/2009).

Menurut  KARS jika suatu rumah sakit memiliki akreditasi paripurna akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Salah satu manfaatnya adalah rumah sakit yang ingin mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga atau badan lainnya dari luar negeri akan sangat mudah.

Sebab, persyaratan dan standar yang diterapkan KARS dalam memperoleh akreditasi sama dengan lembaga atau badan akreditasi dari luar negeri lainnya. Selain itu juga akan dirasakan oleh dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang bekerja di rumah sakit yang mendapat akreditasi paripurna. Sebab, setiap tenaga medis telah memiliki standar pelayanan internasional. Mereka pun dapat bersaing dengan para tenaga medis yang berada di negara lainnya. Terlebih, dalam menghadapi era pasar bebas. (k13/kls**)

Leave a Reply